Join Research MM FE UST Yogyakarta, University of Malaya dan IAIN Pekalongan

 Rabu, 23 Mei 2018 |  

MM UST –  Tidak hanya di lingkup domestik, Magister Manajemen UST turut unjuk gigi di kancah internasional. Dalam kerangka merealisasikan MoU antara UST dengan University of Malaya, pada 23-27 Oktober lalu, dilaksanakan Join Research yang melibatkan tiga Perguruan Tinggi sekaligus, yaitu UST Yogyakarta, University of Malayadan IAIN Pekalongan.

Dua delegasi yang mewakili UST dalam penelitian tersebut adalah Dr. Kusuma Chandra Kirana, MM. dan Dr. Sri Hermuningsih, MM., CFP, yang keduanya merupakan Dosen di Magister Manajemen FE UST. Keduanya merupakan dosen yang cukup aktif dalam penelitian maupun publikasi ilmiah.

Pada Join research tersebut para peneliti saling bertukar informasi dengan mempresentasikan situasi UMKM di masing-masing negara. Dipresentasikan pula sejauh mana efektifitas penggunaan Dana Bergulir dalam pemberdayaan UMKM, baik di Indonesia maupun di Malaysia. Lebih mendalam, penggalian data dilaksanakan melaui Focus Group Discussion (FGD) bersama para Pengurus Koperasi terbaik di Malaysia. 

Para peneliti juga melihat langsung kondisi lapangan dengan berkunjung di 4 (empat) Koperasi yang ada di Negri Jiran, yaitu Kosas, Koiman, Koperasi Usaha Nita, dan Koperasi Sahabat. Keempat koperasi tersebut merupakan koperasi yang masuk dalam daftar 15 Koperasi terbaik di Malaysia. Dari kunjungan tersebut diketahui omset koperasi-koperasi tersebut cukup beragam, mulai dari Perbankan, Tambang, Gadai, bahkan Sawit.