Mata Kuliah ini membahas konsep dasar market driven strategy, proses dan dimensi pemasaran strategik, perencanaan dan pengendalian kegiatan pemasaran, menghasilkan review marketing plan sebuah perusahaan yang sudah ada serta mampu menjelaskan mengenai perkembangan persaingan saat ini, peranan manajemen pemasaran, proses manajemen pemasaran, ruang lingkup manajemen pemasaran, perencanaan strategis yang beroerientasi pasar dan peranan sistem informasi pasar, melakukan perencanaan, implementasi dan pengelolaan strategi perusahaan, memakai metode dan teknik untuk memformulasikan, mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi marketing, membuat rencana pemasaran strategis yang mencakup juga aspek keuangan didalamnya.
Bahan Kajian (Materi Pelajaran)
-
Proses Manajemen Pemasaran, Perkembangan Pemasaran
-
Konsep Inti Pemasaran
-
Strategi dan Rencana Pemasaran
-
Pelanggan dan Royalty Mix
-
Ruang dan Waktu Pemasaran
-
Sistem Informasi Pemasaran
-
Analisis Pasar Konsumen dan Bisnis
-
Materi yang diberikan pada pertemuan 1-7
-
Brand, Kemasan dan Loyalitas
-
Penentuan Nilai dan Harga
-
Pemasaran Global
-
Etika Pemasaran (Etika dalam tahap perencanaan, implementasi dan kontrol)
-
Identifikasi segmen dan target pasar
-
Marketing Communication Strategy
-
Analisis
-
Marketing Plan
-
Materi yang diberikan pada pertemuan 9-15