Ruang lingkup konsep entrepreneurship yang akan dibahas dalam mata kuliah ini berorientasi pada dua aspek utama, yaitu orientasi nilai (value-oriented) dan orientasi tujuan (goal-oriented). Salah satu muatan penting yang perlu di perkenalkan kepada mahasiswa yaitu internalisasi sistem nilai yang terkandung dalam entrepreneurship yakni kemandirian, berpikir kreatif, soft-skill, keterampilan interpersonal, komunikasi persuasif, kerja keras dll. pada akhirnya dampak jangka panjang yang diharapkan dari pembentukan nilai-nilai tersebut adalah kemampuan menangkap dan mengkreasikan peluang menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual dan nilai tambah serta mampu memuat proposal SKB serta bisnis plan.
Topik 1 : Konsep dasar serta 8 indikator jiwa wirausaha, karakter seorang wirausaha
Topik 2 : Merintis Usaha Baru, tatacara, bentuk dan mendirikan usaha baru,
Topik 3 : Kerjasama tim dalam berwirausaha
Topik 4 : Organisasi dan manajemen usaha
Topik 5 : Analisis Internal & Eksternal, Gagasan Produk Baru, Analisis peluang deversifikasi usaha baru
Topik 6 : Etika bisnis dan tanggung jawab sosial dalam bisnis
Topik 7 : Proposal kelayakan usaha yang lengkap
Topik 8 : Ujian Tengah Semester (UTS
Topik 9 : Business Life Skills
Topik 10 : Perencanaan Usaha
Topik 11 : Presentasi ide bisnis
Topik 12 : Segmenting, Targeting, Positioning dan Bauran Pemasaran
Topik 13 : Rencana keuangan serta kelayakan usaha dari aspek keuangan
Topik 14 : Rencana SDM serta kelayakan usaha dari aspek SDM
Topik 15 : Proposal Usaha
Topik 16 : Ujian Akhir Semester (UAS)